Welcome..!! Foto membuat 1 detik bahkan seper sekian detik menjadi mempunyai beribu-ribu makna dan kenangan, yang membawa sang penikmatnya ke dunia imajinasi dan membayangkan kembali ke saat-saat indah, sedih dan membahagiakan itu terekam.

« Home | Kapan Hunting Foto Lagi..!!! » | Adam Sandler - Grow Old With You (OST.The Wedding ... » | Banjir Lumpur Panas Sidoarjo 2006 - "baru berhenti... » | World Of Goo » | Test Call on the Week End » | Drive Test mode ON » | My Dell (con't) » | My Dell » | Tahun Baru » | CDMA, teknologi masa depan yang kalah pamor dengan... »

Perbedaan Antara Sensor Gambar CCD dan CMOS di Kamera Digital









............................CCD..............................................................................CMOS

Kamera digital menjadi barang umum mengikuti penurunan harga jualnya. Salah satu penggerak dibalik penurunan harga adalah dengan diperkenalkannya sensor CMOS. Sensor CMOS sangat jauh lebih murah untuk dirakit dibandingkan sensor CCD.

Kedua sensor CCD (charge-coupled device) dan CMOS (complimentary metal-oxide semiconductor) berfungsi sama yaitu mengubah cahaya menjadi elektron. Untuk mengetahui cara sensor bekerja kita harus mengetahui prinsip kerja sel surya. Anggap saja sensor yang digunakan di kamera digital seperti memiliki ribuan bahkan jutaan sel surya yang kecil dalam bentuk matrik dua dimensi. Masing-masing sell akan mentransform cahaya dari sebagian kecil gambar yang ditangkap menjadi elektron. Kedua sensor tersebut melakukan pekerjaan tersebut dengan berbagai macam teknologi yang ada.

Langkah berikut adalah membaca nilai dari setiap sel di dalam gambar. Dalam kamera CCD, nilai tersebut dikirimkan ke dalam sebuah chip dan sebuah konverter analog ke digital mengubah setiap nilai piksel menjadi nilai digital. Dalam kamera CMOS, ada beberapa transistor dalam setiap piksel yang memperkuat dan memindahkan elektron dengan menggunakan kabel. Sensor CMOS lebih fleksibel karena membaca setiap piksel secara individual.

Sensor CCD memerlukan proses pembuatan secara khusus untuk menciptakan kemampuan memindahkan elektron ke chip tanpa distorsi. Dalam arti kata sensor CCD menjadi lebih baik kualitasnya dalam ketajaman dan sensitivitas cahaya. Lain halnya, chip CMOS dibuat dengan cara yang lebih tradisional dengan cara yang sama untuk membuat mikroprosesor. Karena proses pembuatannya berbeda, ada beberapa perbedaan mendasar dari sensor CCD dan CMOS.



Enhanced by Zemanta

Labels:

kalo pemula lebih baek pake CMOS dulu yah??

kalo untuk pemegang DSLR pertama kali sebenarnya tidak terlalu bermasalah mo sensor yang mana, asalkan Nikon ajah..apalagi D40/D40x/D60 heeee..karena tidak ribet, dan hasilnya sangat memuaskan, tidak kalah bahkan bisa lebih bagus dibanding kelas di atasnya...

memang apa bedanya nikon dan canon? danlebih bagus yg mana? spesifikasi yg bagus itu seperti apa? tx

menurut pengalaman di lapangan, Nikon (warna lebih natural, lensa kit-nya lebih bagus, flash kit-nya lebih bagus, lensa lebih mahal, body lebih kuat/jarang timbul kerusakan dibanding canon), Canon (kebalikan dari semua Nikon itu, kalo mo hasil bagus/memuaskan perlu beli perlengkapan tambahan lagi seperti: flash, lensa spesifik)

Kalo ditanya bagus yang mana, saya gak mau memihak, karena kebanyakan cocok2an tiap orang lebih nyaman yang mana pakainya dan lebih suka warna foto yang mana.

Kalo saya pribadi spesifikasi bagus ya alat tersebut bisa menghasilkan kualitas foto yang maksimal sesuai yang diinginkan..

memang harus mencobanya dulu diantara keduanya baru memilih lebih cocok yang mana.

trimakasih infonya, saya jadi tau knp di iso tinggi d3000 dengan sensor ccd menghasilkan noise

Terima kasih..
infonya sangat membantu sekali...:)

saya adalah pengguna kedua kamera... nikon dan canon....

canon... lebih kuat maen gelap2an..... plus...bodi karetnya jarang terkelupas.... dan untuk indoor lebih baik daripada nikon... dalam hal ini jatuh ke kulit manusia.... aksesoris nya masih lebih murah ketimbang nikon... warna nya soft.. ini lebih baik ketimbang nikon... tapi kekurangannya... nikon menang sharp (lebih tajam)

nikon.... kurang kuat maen gelap2an.... tapi hasil nya dewa klow udah bicara outdoor dan landscape apalagi.... harga aksesorisnya lebih mahal bekisar 800 rb ampe 4 jtaan dibanding canon... dengan spesifikasi aksesoris yg serupa... masalah warna standarrt (lebih menang canon)... tapi buat object lebih sharp ketimbang canon...

itu aja deh

Hai @the oracle21 .. thanks for comment..yup..Nikon emang lebih mahal dari Canon (segala-galanya), soal kualitas sangat personal, tiap orang punya tipe kesenangan sendiri dengan hasil foto yang ingin dicapai..yang pasti, gak akan mengecewakan kalau harganya lumayan (ada harga ada kualitas) tinggal tergantung pemakainya (man behind the gun)...salam

Highly descriptive blog, I enjoyed that bit.

Will there be a part 2?

Here is my weblog; what should i weigh for my height

gan mau nanyak sedikit aja neh,, saya rencana beli camera prosumer tapi bingung sama yang saya mau pilih tentang SENSOR CCD dan SENSOR CMOS BSI, menurut agan yang mana lebih baik dari kedua jenis Lensa itu...
tolong penjelasannya,,,

fb : Ardion Cupish
WeChat : D10N99

hallo saya punya kamera prosummer dsc h200 kok susah bikin effect bokeh ya bantuin dong butuh saran 081331589599

Post a Comment

Links to this post

Create a Link


About me

  • I'm Krisna Reqka Pradana
  • From Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Saat ini menjalani keseharian bekerja dalam bidang telekomunikasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Alumnus Institut Teknologi (IT) Telkom, Bandung. Dalam blog ini anda dapat menemukan catatan dokumentasi saya mengenai perjalanan keseharian saya, Teknologi komputer, Telekomunikasi, Cinta, Fotografi dan segala hal yang berhubungan dengan saya - Maskres
My profile

Kategori Tulisan

dates To reMember

  • 31 Okt - My Lovely Mom Die
  • 17 Nov - My Mom's Birth Day
  • 29 Nov - My Lovely Mom Graduated (S2)
  • 24 Juni - My Father's Birth Day
  • 16 Feb - Indra Birth Day
  • 23 Feb - Dik Adi Birth Day
  • 18 Mar - My Nonanana B'Day

Anda pengunjung ke-



My Short Blog



Tinggalkan Pesan





-->

Blog Catalog





Powered by
Top CSS 

Templates Sites
WebDesign TopSites
Blogger Templates

Powered by 

Blogger
Free 

Domain Name Address
Free 

Shoutbox Technology Pioneer
BlogFam 

Community
Blogfam 

Online Magazine

Komunitasnya MaskresZ